6.1 KONFIGURASI FTP LOGIN ANONYMOUS WINDOWS SERVER 2012 - Mansya Tech
News Update
Loading...

Sunday 2 October 2016

6.1 KONFIGURASI FTP LOGIN ANONYMOUS WINDOWS SERVER 2012


Haii bertemu lagi dengan postingan terbaru saya karena saya tidak akan lupa untuk berbagi ilmu dan tutorila.nah sebelumnya saya sudah memberikan Tutorial install FTP pada Windows sever 2012. nah untuk kali ini saya akan melanjutkan dari postingan tersebut.untuk kali ini saya akan memberikan tutorilan supaya Ftpnya bisa di akses. yaitu Tuorial Konfigurasi FTP Login Anonymous.nah maksudnya login anonymous itu adalah siapapun bisa mengakses FTP tanpa menggunkan username dan password. maka silakan di simak Tutorial dari saya.
Apabila Feature sudah di install maka selanjutnya adalah menambahkan host baru/protocol FTP terlebih dahulu maka caranya adalah pertma buka server manager kemudian klik tools lalu pilih DNS.

Setelah itu untuk menambahkan host baru caranya klik kanan pada nama domain yang akan di tambahkan host ftp. lalu pilih "New Host(A or AAAA).

Kemudian buat host baru dengan nam FTP dan IP addres yang di gunkan adalah IP si Windows server.Apabila sudah klik Add host.


Nah maka akan muncul host baru dengan nama ftp, dan IP addresnya sama seperti IP Windows server .Nah kenapa mebuat host dengan nam FTP ya karena supaya pada domain tersebut kita bisa melakukan akses ftp.
Selanjutnya coba lakukan test ping apakah ftp.(nama domain) sudah terkoneksi pastikan hasil dari ping adalah reaply


Apabila sudah melakukan test ping dan hasilny reply maka selanjunya adalah membuat folder untuk  FTP lokasinya berada pada local disk C
Apabila sudah di buat foldenya selanjunya adalah membuat site FTPnya untuk membuat site FTP di lakukan di IIS manager maka caranya buka server manger kemudian klik tools lalu pilih"Internet Information Services(IIS) Manager.

Kemudian klik kanan pada bagian site nah untuk menambahkan site FTP maka pilih add FTP site seperti pada gambar di bawah ini.
Kemudian pada tampilan add FTP site terdapat kolom ftp site name:yaitu nama dari FTP nya dan untuk physical paht itu di arahkan ke folder yang telah di buat sebelumnya.kemudian klik next


Nah selanjunya pada IP address IP yang di gunkan itu adalah IP Si Server dan portnya sudah secara default yaitu port 21 kemudian beri tanda ceklis pada Start FTP site automatically yang fungsinya supaya FTP sitenya langsung otomatis berjalan/berfungsi ketika Server dinyalakan.selanjutnya pada bagian SSL pilih No SSL nah kenapa Di pilih No SSL ?apasih SSL? SSL itu singkatan dari Secure Socket Layer.SSL merupakan protokol kemanan.nah utnuk ini saya tidak membutuhkan SSL jadi saya pilih No SSL. apabila sudah bisa di klik Next.


Kemudian Pada bagian Authentication and Authorization Information.Nah kerena di sini saya tujuannya adalah supaya dapat mengakses/login FTP tanpa mengunkan username dan password alias anonymous maka yang di pilih adalah anonymous.pada allow accsess to juga plih Anonymous users.
nah untuk permissions users beri tanda ceklis semua supaya apa?supaya kita dapat membaca dan mengedit isi dari ftp.apa bila sudah bisa klik finish


Pada IIS manager dan bagian site bertambahlah site FTP dengan nama ftp.adifirman.

Dan ini adalah tampilan home site dari ftp pada IIS Manager.

Nah kemudian Kita cek pada FTP Autentification nah pastikan Anonymous Autentificationnya dalam keadaan enabled karean yang tadi di aktifkan adalah anonymous.


Dan selanjutnya pada bagian FTP Autorization Rules pada gambar menunjukan Anonymous yang berada pada mode allow dan permissions nya adalah Read,write.
Nah selanjuntnya adalah mengakses ftp melalui file explorer  akses mengunakan nam domainnya contohnya ftp.adifirman.com dan hasilnya pun ftp bisa di akses kemudian tambahkan lah beberapa folder pada ftp.

Dan selanjutnya adalah mengakses melalui Internet Explorer sama caranya tuliskan "ftp://ftp.(nama domainya)" contoh : ftp://ftp.adifirman.com dan hasilnya pun ftp nya bisa di akses dan muncul folder  yang telah di tambahkan tadi.

Baru saja saya mengakses melalui internet explorer dan melalui file explorer nah sekarang Dicoba mengakses server menggunakan CMD nah untuk perintahnya adalah "ftp   ftp.adifirman.com"lalu enter.Nah ketika Muncul "Users (ftp.adifrman.com:(none)):"  maka ini dengan anonymous karena kita login mengunkan anonymous.Nah untuk pasword bisa langsung di enter saja dan hasilnya saya pun bisa login ke FTP untuk melihat isi dari ftpnya bisa tuliskan "dir" dan ahsinya pun muncul nama folder yang tadi duibuat. anah apabila ingin membuat folder baru bisa tuliskan perintah
"mkdir (nama folder)" dan untuk melihat apakah folder berhasil d buat bisa tulikan lagi perintah"dir"



Selanjutnya adalah memindah kan file berbasis txt yang berada di Local disk C ke FTP caranya:
Tuliskan command "put C:\(nama filenya).txt" contoh "put C:\adi.txt" nah untuk melihat apakah file berhasil pindah ke FTP bisa tuliskan perintah "dir" hasinya pun file tersebut berada pada FTP saya.


AKSES FTP DARI CLIENT.
Selanjutnya adalah mencoba mengakses FTP melalui Client yang pertama di lakukan adala setting IP Address si client pastikan satu jaringan dan IPnya satu network. kemudian DNS nya di arahkan ke Server/menggunkan IP server.

Selanjunya adalah lakukan pengetesan ping dari client ke server. yang pertama adalah ping IP servernya terlebih dahulu yang meberitahukan apakah client sudah terhubung dengan server. apabilas sudah dan hasilnya adalah reply maka selanjutnya adadalah ping FTPnya. contoh ping ftp.adifirman.com

Kemudian saya mencoba mengakses FTP menggunkan FILE Zila yang nah yang harus di isi untuk mengakses FTP nya adalah host itu nama FTPnya contoh ftp.adifirman.com/IP address FTPnya.kemudian untuk Username nya adalah anonymous untuk password bisa di kosongkan dan port nya adalah port 21 kemudian klik quickconnect.

 Dan hasinya ftp bisa di akses seperti pada bagian kiri itu merupakn kumpulan folder dari client nah yang sebelah kiri adalah folder folder/isi dari Ftpnya.


Kemudian coba akses FTP melalui  file explorer client caranya tuliskan "ftp://ftp.adifirman.com" dan hasinya pun FTP bisa di akses melalui file explorer client bisa di lihat isi dari ftp tersebut.


Dan selanjutnya adalah mengakses melalui Microsoft Edge/browser clint caranya tuliskan "ftp://ftp.(nama domainya)" contoh : ftp://ftp.adifirman.com dan hasilnya pun ftp nya bisa di akses dan muncul folder /isi dari ftp tersebut.
Melalui File zila sudah,file explorer sudah,melalui browser sudah nah selanjutnya adalah meng akses FTP malalui CMD pada Client.  perintahnya adalah "ftp   ftp.adifirman.com"lalu enter.Nah ketika Muncul "Users (ftp.adifrman.com:(none)):"  maka ini dengan anonymous karena kita login mengunkan anonymous.Nah untuk pasword bisa langsung di enter saja dan hasilnya saya pun bisa login ke FTP untuk melihat isi dari ftpnya bisa tuliskan "dir" dan ahsinya pun muncul nama folder yang tadi duibuat.


nah apabila ingin membuat folder baru bisa tuliskan perintah
"mkdir (nama folder)" dan untuk melihat apakah folder berhasil d buat bisa tulikan lagi perintah"dir"

Ya mungkin cukup sekian tutorial dari saya kurang lebihnya mohon maaf,apabila ada typo harap di maafkan semoga bermanfaat.nantikan postingan selanjutnya yang akan meberikan tutorial deangan materi yang sama seperti ini.


                                                                     BYe:V

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done