6.0 INSTALLASI FTP DI WINDOWS SERVER 2012 - Mansya Tech
News Update
Loading...

Sunday 2 October 2016

6.0 INSTALLASI FTP DI WINDOWS SERVER 2012


Halloo ,bertemulagi dengan postingan terbaru saya,karana say atidak akan lupa untuk berbagi ilmu ataupun tutorial.Sudah lama saya tiak memposting tentang Windows server .Nah sekarang saya akan berbagi tutorilayang berhubungan dengan windows server nih yaitu FTP SERVER. nah untuk postingan kali ini saya akan memberikan cara menginstallnya.


Nah materi FTP ini masih ada hubungannya dengan IIS jadi pada windows server anda sudah terinstall IIS OKK.

PENJELASAN

Nah sebelum saya memberikakan tutorial saya akan menjelasakan apa itu FTP.

FTP (File Trasfer Protocol) adalah sebuah protokol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi sebagasi standar untuk pengiriman file komputer antar mesin mesin dalam sebuah jaringan.FTP juga merupakan salah satu protokol internet yang paling awal dikembangkan dan masih di gunkan hingga saat ini .Fungsi FTP adalah untuk melakukan pengunduhan (download) dan penguggahan(upload)berkas-berkas komputer antara client FTP dan server FTP. jadi FTP juga bisa di artika sebagai penyimpanan.Mungkin cukup sekian penjelasan singkat dari saya sekarang lansung ke Tutornya.



Pertama Nyalakan windows servernya kemudian buka service manager selanjutnya klik "Manage" lalu klik Add Roles and Features karena saya di sini akan menambahkan feature FTP.

Kemudian Pilih type Instalan,untuk type isntalan yang di pilih adalah Role-based or feature-based instalation yang fungsinya untuk mengkonfigurasi server  dengan menambahkan roles,roles services dan features.Lalu Next.



Selanjutnya adalah  server selection yaitu di server mana yang akan  di install FTP /di tambahkan feature FTP .selanjunya  pilih Select a sever From the Server Pool yang fungsinya supaya kita dapat memilih Server yang akan di tambahkan feature  pada tabel server. nah pada tabel akan telihat server yang dapat di install/konfigurasi.selanjunya klik next


Kemudian pada bagian server roles carilah Web server (IIS) dan Berilah tanda Ceklis pada FTP Server.Ya memang FTP masih ada Hubungannya sama IIS jadi FTP server terdapat dalam Features IIS..Setelah di beri tanda ceklis selanjunya klik next.

Untuk bagian features separti gambar di bawah ini bisa langsung di NEXT.

Nah pada bagian ini adalah tahap untuk melakukan konfirmasi sebelum malakukan install dan memberitahukan apa saja yang telah di pilih tadi.apabila sudah benar semua silakan klik Insatall.Apa bila Install telah selesai bisa di close saja.



Tunggu proses penginstallan atau penambahan features FTP nya. Apa bila Install telah selesai bisa di close saja.


Apabila sudah maka selanjunya adalah mengatur/menambahkan host untuk FTP. Nah untuk itu maka kita harus melakukan nya pada bagian  DNS. Maka caranya adalah klik Tools pada di server manager lalu klik DNS.
Selanjunya klik domain yang akan di tambahkan host.kemudain klik kanan pada domainya lalu klik New Host (A or AAAA).
Kemudian buat host baru dengan nama ftp lalu ip address yang di gunkan adalah ip si server.Apabila sudah silakan klik Add Host.

Nah maka akan muncul host baru dengan nama ftp, dan IP addresnya sama seperti IP Windows server .Nah kenapa mebuat host dengan nam FTP ya karena supaya pada domain tersebut kita bisa melakukan akses ftp.
Selanjutnya coba lakukan test ping apakah ftp.(nama domain) sudah terkoneksi pastikan hasil dari ping adalah reaply.



Untuk melihat apakah Ftp sudah terkonfigurasi atau belum bisa di lihat di IIS manager.dan bisa dilihat seperti tampilan pada gambar di bawah ini yang artinya feature FTP server sudah berhasil di install.


Nah apakah Ftp sudah bisa di akses? tentu tidak
nah Supaya FTP bisa di akses nantikan postingan saya selanjunya.


Ya mungkin cukup sekian turorila kali ini dari saya,kurang lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat. dan juga nantikan tutorial selanjutnya.


                                                                                   Bye:v

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done