LOGIN SSH TANPA PASSWORD - Mansya Tech
News Update
Loading...

Friday 7 October 2016

LOGIN SSH TANPA PASSWORD





KONFIGURASI LOGIN SSH TANPA PASSWORD PADA CENTOS 7

Halllo bertemulagi dengan saya di postingan terupdate saya tidak akan lupa untuk berbagi tutor asek.ya untuk kali ini saya akan berbagi tutor yang berhubungan dengan ssh.yaitu Login SSH pada tanpa  menggunkan password menngunkan windows .silakan di baca dan di coba okkk.


Nah untuk melakukan login ssh tanpa menggunakan password di sini membutuhkan aplikasi  PUTTYGEN yang fungsinya untuk membuat kunci untuk melakukan login ssh. untuk puttygennya bisa di Download >>>>DI SINIIII<<<<


MEMBUAT KEYGEN


Oke setelah di download sekarang buka aplikasi puttygen nya


Dan inilah tampilan dari puttygen  nah puttygen ini fungsinya untuk membuat keygen untuk yang digunkan untuk login ssh.Ibaratkan keygen ini adalah kunci untuk membuka pintu rumah jadi kalau tanpa keygen/kunci pintunya tidak akan bisa di buka dan kita tidak akan bisa masuk..nah untuk membuat keygen caranya adalah klik generate yang funsinya untuk menghasilkan keygen.



Kemudian sekita di perintahkan untuk menggerakan kursor di area kosong sampai progress penuh.supaya kita dapat cepat mendapatkan keygennya.



Nah inilah hasilnya ini merupakan keygennya seperti pada gambar di bawah ini bentuk keygennya yang berisi tulisan tulisan yang tidak jelas dan banyak.apabila keygennya  sudah berhasil di dapatkan maka selanjutnya simpan keygennya dengan klik save privat key bisa di lihat yang saya beri kotak merah kecil.

Dan apabila muncul peringatan ini silakan klik yes karena peringatannya memberitahukan kita apakah kita yakin akan menyimpan key.




Setelah itu berinama keygennya dan nah disini saya memyimpan keygennya pada dextop dan extensi filenya adalah  .ppk contoh adi.ppk setelah itu klik save .



MEMBUAT FILE AUTHORIZED KEYS DI SERVER

Setelah kita menyimpan file keygennya sekarang kita copy text keygennya pastikan semua teksnya tercopy agar tidak menimbulkan kesalahan ataupun eror.apa fungsinya di copy ? karena text tersebut akan di gunkan membuat file authorized key pada server nya.



Setelah di copy keygennya selanjutnya adalah meremot server centosnya. karena untuk membuat file authorized key nya kita harus meremote centos servenya.caranya adalah kita meremote server mengunkan putty dengan meggunkan ssh.  caranya masukan ip servernya dan portnya.kemudian klik open untuk meremote si server

Kemdian login menggunkan akun/user server nya. masukan nama user servernya dan passwordnya.




Setelah login buatlah direktori .ssh untuk menyimpan file authorized_keys. syntax yang di gunakan adalah "mkdir .ssh"

Setelah di buat direktorinya sekarang buat lah file autthorized_keys nya.dan syntax yang di gunkan adalah "nano .ssh/authorized_keys" sysntax tersebut fungsinya dalah untuk membuat file authorized_keys dan juga membuka file tersebut dangan text editor nano.


Setelah filenya terbuka selanjutnya adalah mengisi file tersebut .yaitu isikan dengan texk keygen yang tadi telah di copy caranya adalah klik kanan di file editor nano nya. Dan hasinya pun text keygen yang tadi sudah di copy kan lansung ada pada text editor nanonya. selanjunya adalah save isi dari file authorized_keys nya. nah karena ini merupakan text editor nano maka cara menyaimpanya adalah dengan menekan tombol "ctrl+x" kemudian tekan y dan enter .

 Selanjutnya adalah tuliskan syntax "chmod -R 700 .shh/  " yang fungsinya megubah mode filenya  supaya file tersebutmenjadi file exe . kemudian lakukan restart ssh nya. dengan menggunkan syntax
"systemctls restart sshd" setelah di restart sshnya kemudian exit  puttynya/close.
 


VERIVIKASI LOGIN TANPA PASSWORD

Nah setelah semua konfigurasi nya selesai dan keluar dari remote server mengunkan ssh.sekarang coba lakukan login ssh tanpa password.nah untuk login kita menggunkan keygen yang awal kita buat dan di simpan pada windowsnya. caranya adalah bukaa puttynya kemudian klik SSH yang ada di bawah kemudian klik Auth seperti pada gambar di samping Yaitu Options controling SSH authentification nah di sini kita masukan keygen yang tadi dibuat .



Nah setelah file keygennya sudah masuk selanjutnya adalah kembali ke tampilan utama putty lalu tuliskan "namauser@ip server" dan jangan lupa isikan portnya sesuai port ssh si server.seperti saya di sini saya login menggunkan "tkj1@172.16.11.101 " dan portnys 222 kemudian klik oke


Kemudian tunggu beberpa saat dan jika berhasil maka anda login /mermote server tanpa menggunkan password dan terdapat naotif bahwa saya loginmengunkan key  dan contoh gambarnya dalah seperti pada gambar di bawah inidan ini artinya login dengan keygen.


Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done