Cara Konfigurasi Internet Access Router Mikrotik - Mansya Tech
News Update
Loading...

Tuesday 28 March 2017

Cara Konfigurasi Internet Access Router Mikrotik

NewUpdatee!!!Guyss ada yang baru nihh kali ini saya akan bebbagi Turorial lagi tentang mikrotik di jamin joss dehh.penasaran langsung ajahh ni saya berikan Tutorial Internet Access Mikrotik.apa fungsinya yaitu supaya router/perangkat mikrotik kita terhubung dengan internet.
langsung saja langkah langkahnya:

Pertama remote/aksess terlebih dahulu router/perangkat mikrotik kita menggunakan winbox.kemudian lakukan setting IP Address. caranya pilih menu IP>>Addresses


Selanjutnya atur IP yang di gunakan di ether1 yang terhubung dengan laptop/Computer.
Tuliskan IP Address nya dan  Interface nya pilih ether1 lalu klik OK

Selanjutnya adalah setting IP Address Wlan sama seperti tadi tuliskan IP address wlanya. kemudian pilih Interfacenya Wlan1  kemudian klik Oke.


 IP address sudah di setting selanjutnya nyalakan interface wlanya.caranya pilih menu interface pada winbox lalu klik interface wlanya lalu klik tanda ceklis yang adal di atas bisa di lihat pada gambar di bawah ini:



Dan apabila sudah menyala akan seperti pada gambar di bawah ini.


Selanjutnya setting DHCP client untuk apa?jadi DHCP client ini adlah untuk mendistribusikan ip dhcp kepada client yang terhubung ke mikrotik nya.Caranya adalah IP>>DHCP Client.

 Kemudian klik tada + seperti pada gambar untuk interface yang di pilih adalh wlan 1 kemdian klik OK.
 Selanjutnya adalah setting keamanan/password atatu yang di sebut Security Profilesecurity profile berguna untuk memberikan password / keamanan untuk seperti contoh wirelless pada mikrotik, dan untuk menambahkannya ada di tab "wireless" , buka tabnya dan nanti akan muncul window baru, dan pilih tab security profile lalu tambahkan


Kemduian atur password dan nama security profilenya. kemudian klik ok.

Lanjutnsakarang setting wlan nya.caranya pertama klik menu interface lalu klik dua kali interface wlanya.selanjutnya isikan mode=station dan Security profile yang sudah di buat.



Selanjutnya adalah melakukan scaning hotspot yang terbaca oleh router.untuk apa karena saya di sisni yang di jadikan sumber insternet adalh hotspot dari HP/android saya.caranya klik scane lalu atur intefacenya jadi wlan1 selanjutnya start dan cari nama hostpot yang di jadikan sumber insternet.klik nama hostspotnya kemudian klik Connect.


Apa bila sudah semua maka akan seperti ini bentuknya selanjutnya adalah klik OK

 Selanjutnyaa adalh setting firewall nya.cara uttuk membuka setting dfirwall.
IP >>Firewall

Selanjutnya kik menu NAT Dan klik tanda tambahnya selanjunya akan mucul tampilan New NAT rule.Pada bagian general chain=srcnat kemudian ke bagian bawah Out.Interfaces=Wlan2 Apa gunananya yaitu supayaa wlan 1 menjadi pintu untuk menyalukan internet.



Lanjut masih di setting firewall. Pada bagian action=masquarade Kemudian klik apply dan OK.


Dan pada Firwall. Nat akan sperti pada gambar di bawah ini.

Selanjutnya adalah setting IP DNS.pilih menu IP kemudian pilih DNS.


Selanjutnya atur DNS nyasperti saya di sini menggunakan DNS Google. dan jangan lupa beri tanda ceklis pada "Allow Remote Requests" beri tanda ceklis kemudian klik OK.


Selanjutnya adalah kita coba Akses intenetnya menggunkan komputer kita.pertama setting IP address nya menggunkan IP yang satu network dengan IP ether 1 yang di setting pada router tadi
maka saya di sini mengunkan IP 17.17.17.3 kemudian netmasknya /24 dan gateway& DNS tuliskan IP ether 1 yang di setting pada router tadi berarti IPnya 17.17.17.1 lalu save.

Selanjutnya adalah coba test ping kek google menggunkan terminal apakah sudah terhubung/belum dengan internet.


Untuk memastikannya lagi coba buka web apa saja pada browser anda.


 Okee mungkin cukup sekian tutorial saya kali ini kurang lebihnya mohon maaf dan tunggu update selanjutnya okee.bye:v







Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done